Tanggal Rilis | : | 8 Agustus 2016 |
Ukuran File | : | 0.71 MB |
Abstraksi
Pada triwulan II tahun 2016, konsumen di Provinsi Aceh menyatakan
persepsi yang optimisbahwa kondisi ekonominya lebih baik dibandingkan dengan triwulan I tahun 2016.
Indeks Tendensi Konsumen (ITK) triwulan II-2016 Provinsi Aceh adalah sebesar 113,04.
Tingkat
optimisme konsumen tersebut termasuk tinggi, karena
dipengaruhi oleh adanya persepsi optimis yang tinggi pula pada variabel
pendapatan rumahtangga di triwulan
II-2016. Menurut konsumen, pendapatannya lebih dibanding triwulan
sebelumnya (indeks 109,28).
Selanjutnya, inflasi yang lebih tinggi pada triwulan II-2016 di Aceh
seharusnya berpengaruh
terhadap konsumsi selama bulan April-Juni 2016. Namun kenyataannya
tingkat optimisme
konsumen justru meningkat (indeks 119,42), artinya meskipun harga naik,
konsumen tetap
berbelanja dikarenakan adanya bulan Puasa Ramadhan. Sehingga pada
variabel volume konsumsi rumahtangga terhadap komoditi bahan makanan,
makanan jadi, dan nonmakanan memperlihatkan persepsi yang juga optimis
meningkat (indeks 113,93).
Untuk perkiraan triwulan III tahun 2016, konsumen di Aceh juga menyatakan persepsi yang optimis bahwa kondisi ekonominya lebih baik. Nilai perkiraan ITK triwulan III-2016 mendatang mencapai sebesar 105,72.
Berita Resmi Statistik Terkait
Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Aceh Triwulan IV-2016
Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Aceh Triwulan III-2016
Indeks Tendensi Konsumen Provinsi Aceh Triwulan II 2015
Indeks Tendensi Konsumen Provinsi Aceh Triwulan I 2016
Indeks Tendensi Konsumen Triwulan I-2017 Dan Perkiraan ITK Triwulan II-2017
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Kota Langsa
Jalan Tgk. Chik Ditunong Nomor 28
Desa Paya Bujok Tunong
Kecamatan Langsa Baro
Kota Langsa 24415
Telp/Fax : (0641) 21277 E-mail : bps1173@bps.go.id